Skip to main content
KEPITINGONLINE

follow us

Kenapa Banyak Wanita Desa Memilih Jadi TKW ?

Jika anda berkunjung ke daerah Suruhan kec.Bandung-kab. Tulungagung jangan heran jika banyak melihat rumah rumah mewah berdiri mentereng disana. Kok bisa ya..di pedesaan ada rumah rumah bak perumahan elit. Pasti dalam benạk hati anda bertanya tanya kira kira apa pekerjaan mereka?Jangan jangan pelihara tuyul ya!!!''Pikiran orang desa mah selalu begitu''. Namun jangan salah,rumah rumah tersebut dibangun dari rezeki yang khalal lo..sebab rumah- rumah tersebut adalah hasil dari usaha para pahlawan devisa kita. Mengingat di daerah tersebut banyak warga yang memilih profesi sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW) di luar negeri. Kenapa mereka lebih memilih meninggalkan keluarga, kampung halaman,tanah air Indonesia hanya demi untuk menjadi TKW di luar negeri. Berikut alasan mereka memilih jadi TKW.

Faktor ekonomi

Banyak wanita desa berasal dari golongan ekonomi lemah. Dimana hal itu memaksa mereka untuk mencari cara bagaimana keluar dari permasalahan ekonomi, salah satu jalan yang mereka tempuh adalah memilih menjadi TKW di luar negeri. Karena mereka beranggapan dengan bekerja sebagai TKW bisa menjadi cepat kaya, walaupun kenyataanya tak semua TKW Indonesia beruntung. Hal tersebut juga di dasari oleh gampangnya mendaftar menjadi TKW, yaitu mulai di penampungan sampai berangkat uang di jamin oleh PT dan pengembalian setelah bekerja dengan cara potong gaji.

Mencari lapangan pekerjaan sulit

Kita tahu dan bukan rahasia lagi meskipun pendidikan terus digalak kan oleh pemerintah,namun kenyataanya banyak orang tua yang mengabaikan pendidikan untuk anaknya,mereka beranggapan tamat SMP sudah lebih dari cukup.Akibatnya ketika melamar pekerjaan dengan menggunakan ijasah SMP sudah pasti tidak diterima oleh perusahaan besar.Sulitnya mencari pekerjaan dengan gaji yang memadai menggunakan ijasah SMP menjadikan para wanita desa memilih kerja di luar negeri sebagai TKW.Karena iming iming gaji yang banyak.

Melihat tetangga sukses

Namanya juga orang pedesaan melihat tetangga sukses,rumah bagus,sawah banyak,punya mobil pasti merasa kagum dan ingin juga seperti itu.Ketika mereka tahu bahwa orang yang dikagumi tersebut pekerjaanya sebagai TKW di luar negeri,segera bertanya tanya bagaimana caranya agar bisa ikut bẹkerja di luar negeri,''istilah Jawa nya melu-melu''.Dan tak berselang lama ikut meramaikan daftar TKW luar negeri.

Naaah itulah beberapa alasan kenapa banyak wanita desa memilih jadi TKW. Bagaimana mereka tidak ngiler melihat tetangga  setiap berapa bulan sekali kirim uang puluhan juta.Dengan bukti rumah yang mentereng,apalagi jika pulang segala macam perhiasan emas melekat di tubuh.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar